Review

Film Balada Si Roy, Membangkitkan Nostalgia

Balada Si Roy, sebuah cerita di majalah remaja pada akhir tahun 80-an. Cerita karya Gol A Gong itu kemudian menjadi Novel dengan judul Balada Si Roy. 

Roy, remaja yang hidup di kota Serang. Tampan, tinggi, dan senyum menawan. Kisah Balada Si Roy yang suka berpetualang, punya prinsip, dan sangat ‘lelaki’. Sikapnya membuat para wanita gemas dan memuja Roy.

Roy memiliki hobi backpacking, naik gunung, suka kemping dan bersepeda balap ke sekolah. Kesannya berandal, tetapi Roy kreatif dan menyukai hidup petualang yang masih jarang dilakukan remaja pada tahun 80-90an. Jiwa adventurer yang bertanggung jawab, setia kawan dan tidak takut dipandang ‘aneh’ meski tidak sesuai nilai pada umumnya. 

Zaman remaja dulu kalau baca novel Balada Si Roy bikin hati berdebar. Roy ini tipe cowok idamanku banget. Bad boy yang punya prinsip. Berkesan kontradiksi tapi disitulah letak daya tariknya. Pesona Roy datang dari sosok yang ‘unik’ bukan dari segi materi dan kekayaan orang tua seperti kisah-kisah lainnya.  

Tahun 2021 ini menjadi tahun nostalgia bagi penggemar Balada Si Roy karena akan dimanjakan oleh Film Balada Si Roy. Proses produksi film sudah mulai dilakukan awal Januari ini. Aku sebagai salah satu alumni Angkatan 90-an tentu saja sudah tidak sabar menunggu Film Balada Si Roy tayang.

Siapakah yang Merilis Film Balada Si Roy?

Film perdana yang akan diproduksi IDN Pictures adalah Balada Si Roy. IDN Pictures merupakan bagian dari IDN media di bidang film. Tujuan IDN Pictures adalah mendukung industri film di Indonesia serta memberikan inspirasi dan pesan positif bagi generasi muda. Fajar Nugros dan Susanti Dewi sebagai Head of IDN Pictures, diharapkan mampu memimpin dan mencapai visi dari IDN Pictures. 

Pemilihan Balada Si Roy tentu saja melewati berbagai pertimbangan matang. Filosofi kisah Balada Si Roy diharapkan mampu memberikan nilai positif bagi generasi Z. Roy terkadang berkesan bandel dan ugal-ugalan, tetapi dia memiliki kepribadian yang kuat. 

Kesan Sutradara dan Produser Film Balada Si Roy

Desember 2020 telah dilakukan konferensi pers secara virtual terkait peluncuran Film Balada Si Roy. Cerita yang diadaptasi dari novel karya Gol A Gong, akan disutradarai oleh Fajar Nugros dan diproduseri oleh Susanti Dewi. Dalam konferensi pers tersebut, diumumkan juga nama-nama pemain Film Balada Si Roy.

Moammar Emka’s Jakarta Undercover, Cinta Selamanya, Terming : Menembus Langit, adalah beberapa film yang disutradarai Fajar Nugros dan Susanti Dewi sebagai Produser. Kerjasama Fajar dan Santi telah menghasilkan film-film Indonesia yang berkualitas dan memberikan hiburan yang bermakna.

Fajar Nugros sudah lama bercita-cita menjadi sutradara Film Balada Si Roy. Kisah Roy yang berbeda dengan remaja pada umumnya menjadi motivasi untuk menjadi sutradara film ini. 

Cocok banget kan tujuan IDN pictures memproduksi Film Balada Si Roy ini karena kecenderungan gen Z yang sangat menikmati gadget dan cenderung acuh pada keadaan sekitar. Roy bisa memberikan gambaran pada anak sekarang untuk melakukan kegiatan eksplor dan mencintai alam. Keseimbangan antara pengembangan diri, jiwa sosial, dalam pencarian jati diri adalah hal penting. 

Respon Sahabat Balada Si Roy

Sahabat Balada Si Roy merupakan komunitas bagi penggemar cerita Balada Si Roy. Daniel Mahendra sebagai salah satu pelopor komunitas Sabahat Balada Si Roy, sangat mendukung terciptanya film tersebut. 

Komunitas yang terbentuk sejak 11 tahun silam tanpa struktur organisasi membuat rasa dekat diantara angota semakin erat. Jumpa darat di berbagai daerah dan saling bercerita kisah pribadi terutama yang berhubungan dengan kisah Si Roy.

Daniel berharap generasi Z bisa mengambil poin positif dari Film Balada Si Roy, seperti tetap bisa bersabahat dengan orang lain meski memiliki cara panadang yang berbeda. 

Aktor Balada Si Roy

Penasaran kan siapa yang akan memerankan Roy. IDN Pictures telah merilis nama-nama aktor yang akan berperan dalam Film Balada Si Roy. Abidzar Al Ghifari akan berperan menjadi Roy.

Abidzar adalah putra dari Almarhum Ustaz Jefri Al Buchori dan Umi Pipik. Apakah Abidzar mampu membawakan tokoh Roy yang cool, bengal dan menggetarkan hati wanita? Kita tonton saja setelah Film Balada Si Roy tayang.

Menemani Abidzar yang berperan sebagai Roy, Feby Rastanty akan berperan sebagai Ani. Aktor Maudy Koesnadi akan berperan sebagai ibu dari Roy.

Harapanku semoga Film Balada Si Roy mampu memberikan hiburan yang bisa dinikmati oleh generasi muda maupun generasi semasa novel dirilis. Tak hanya sekadar hiburan yang dilupakan begitu saja, tetapi memberikan pesan moral yang menginspirasi.

Leave a Reply

Tiba Waktuku

January 7, 2021