self reminder

Peran Karakter dalam Kehidupan

Prof. Dr. H.M Quraish Shihab mengatakan karakter merupakan kumpulan pengalaman, pendidikan, dan sejarah yang diwujudkan dalam pemikiran, tindakan, dan sikap.

Definisi tersebut menjelaskan bahwa karakter seseorang ditentukan oleh berbagai faktor dalam hidup seperti pengalaman, pendidikan, dan sejarah. Proses pembentukan karakter ini dimulai dari usia anak-anak hingga dewasa. Beberapa karakter bisa berubah sesuai dengan pengalaman hidup yang dijalani.

Pentingnya Membaca Karakter

Dunia bisnis

Mengetahui karakter konsumen adalah hal penting yang semestinya dikuasai oleh produsen / pedagang. Karakter konsumen di kota besar misalnya, akan dipengaruhi oleh merk dagang (brand minded) dan kualitas. Berbeda dengan karakter konsumen di daerah pinggir, yang tidak mengutamakan merk.

Produsen yang mengetahui karakter konsumen akan lebih berhasil dalam memasarkan produknya. Produk dan pelayanan yang berdasar karakter konsumen akan mendatangkan loyalty (kesetiaan pelanggan). 

Dunia Pendidikan

Memahami karakter anak akan menguntungkan bagi tenaga pendidik dalam menjalankan tugasnya. Seorang guru akan lebih mudah menyampaikan materi dan menguasai ‘panggung’ ketika paham akan karakter anak. 

Inovasi dalam dunia pendidikan adalah metode pengajaran berbasis karakter. Memberikan pengalaman berharga sehingga anak tumbuh menjadi karakter yang tangguh untuk menghadapi masa depan. Beberapa karakter dasar yang ditanamkan pada anak sekolah adalah religius, sikap jujur, cinta lingkungan, sikap peduli, dan cinta tanah air.

Dunia Kerja

Dalam dunia kerja, memahami karakter menjadi hal pertama yang dinilai oleh perusahaan. Kesesuaian karakter dan posisi jabatan adalah hal yang berkaitan. Bagaimana seseorang melakukan tugas, ketahanan diri, berkomunikasi, dan menjalan hubungan sosial adalah bagian penting dari penilaian karakter di dunia kerja.

Penilaian perusahaan yang dilakukan setiap tahun berdasarkan prestasi kerja dan karakter karyawan. Assesmen berkala dilakukan oleh perusahaan untuk manilai karakteristik karyawan untuk menjaga performa dan produktivitas kerja.

Dunia Seni (Musik & Peran)

Memahami karakter dibutuhkan dalan dunia seni. Dalam industri musik misalnya, pemahaman karakter berguna untuk penjiwaan sebuah lagu. Seorang penyanyi yang baik bisa menyanyikan sebuah lagu sesuai dengan isi dan karakternya sendiri. Armand Maulana memiliki karakter yang unik ketika membawakan sebuah lagu. Aksi panggung Kang Armand yang enerjik dan dinamik adalah sebuah karakter yang melekat pada dirinya. Penonton akan mengingat karakter Kang Armand sebagai penyanyi dengan aksi panggung yang penuh totalitas.

Para aktor memerlukan pemahaman terhadap karakter sebelum memulai pekerjaannya. Pendalaman karakter dalam sebuah naskah menjadi suatu kewajiban yang dilakukan oleh aktor. Seorang aktor dikatakan berhasil, jika ia mampu menjiwai tokoh yang diperankan.

Protagonis dan antagonis adalah dua karakter yang muncul dalam sebuah cerita. Kalau sering menonton sinetron di layar kaca, tokoh antogonis ini dibuat jahat sejaha-jahatnya. Di sisi lain, protagonis yang manis dibuat menderita senangis-nangisnya. 

Dunia karakter sinetron yang sungguh tidak adil, mengapa karakter manusia harus diciptakan hingga titik terendah? Penonton pun menjadi terbawa suasana. Membenci sang aktor yang membawakan karakter antagonis. Bahkan sampai di dunia nyata, sang antagonist mengalami cibiran hingga penindasan. Penonton terlalu terbawa emosi dan hanyut dalam karakter.

Membaca Karakter Anak

Mengenali dan memahami karakter anak adalah tugasku sebagai seorang ibu. Karakter antara satu anak dengan yang lain akan berbeda. Meski mereka berasal dari satu orang tua, hidup pada lingkungan yang sama, mendapatkan pendidikan yang sama, ada hal yang mempengaruhi perbedaan karakter.

Sifat dasar yang dibawa sejak lahir sebagai pemberian dari Allah menjadi salah satu faktor yang menentukan karakter. Proses kognitif / cara kerja otak dalam menerima dan memproses sebuah pengalaman juga menjadi faktor pembeda karakter.

Memiliki dua orang anak dengan karakter yang berbeda membuatku terus belajar untuk memahami mereka. Menumbuhkan satu karakter seperti mandiri akan berbeda cara. Anak sulung, lebih mudah menerima sebuah karakter positif. Cara kerja otaknya yang suka berpikir, memproses suatu karakter dengan cara menelaah lebih jauh. Ia bisa menerima karakter mandiri dengan cara diberikan contoh dan tugas langsung.

Anak kedua, memiliki karakter kerja otak yang mengutamakan keuntungan yang ia dapat. Ketika belajar karakter mandiri, ia akan berpikir keuntungan apa yang ia dapatkan, Jika tidak ada keuntungan, ia tidak mau mandiri. Ia memilih untuk mengerjakan tugas secara bersama atau ditunggu oleh orang tua.

Memahami karakter anak, akan membatu tugas orang tua dalam memberikan pengasuhan. Memahami karakter membuatku tahu harus bersikap seperti untuk masing-masing anak. Ketika berbicara, berdiskusi, topik bercerita, dan gaya ber main pun berbeda sesuai dengan karakter anak.

Karakter menggambarkan bagaimana seseorang itu sesungguhnya. Baik dan buruknya seseorang terlihat dari karakter diri. Pengembangan karakter menjadi hal yang penting dilakukan, terutama untuk anak-anak. 

Anak yang tumbuh dengan karakter yang positif dan baik akan mampu menyongsong masa depan dengan tangguh.

Leave a Reply

Album Kisah 2020

January 4, 2021