Review

Film Perjuangan Indonesia Perlu Hadir secara Konsisten

Tahun 80-90an, film bertema kepahlawanan diwajibkan untuk ditonton anak sekolah. Sebut saja film G30S/PKI yang setiap tahun akan ditayangkan di layar televisi. Rutin menonton film tersebut ternyata membawa manfaat untuk pelajaran PSPB (Pelajaran Sejarah Perjuangan Bangsa). 

Anak-anak sekolah masa kini kok rasanya kurang mengenal perjuangan para pahlawan. Entah karena kurikulum kurang membahas sehingga anak-anak kurang referensi, atau tidak ada ketertarikan untuk mengenang sejarah perjuangan di masa lalu.

Beberapa Judul Film Perjuangan

  1. Soekarno

Film yang menceritakan perjuangan Soekarno untuk meraih kemerdekaan Indonesia. Soekarno yang gagah dan tampan tampil menggebu-gebu dalam menyampaikan semangat kemerdekaan. Beliau mengalami masa pengasingan ke Ende lalu Bengkulu. Film ini tayang sejak tahun 2013. Sudah bisa dinikmati di rumah melalui aplikasi Viu.

2. Kartini

Film yang dibintangi Dian Sastrowardoyo berkisah tentang perjuangan tokoh wanita dalam memperjuangkan hak untuk belajar bagi wanita. Lahir dari keluarga ‘biasa’ dan dipaksa menikah dengan kalangan bangsawan, Kartini berusaha mendobrak tradisi yang mengekang.

3. Sang Kiai

Kisah KH Hasyim Asyari sebagai pendiri Nahdatul Ulama dan pejuang kemerdekaan. Perjuangan Sang Kiai untuk mempersatukan umat Islam untuk melawan penjajah Jepang. Mempertahankan akidah agama dan tak gentar akan hukuman. 

4. Bumi Manusia

Adaptasi dari novel Karya Pramoedya Ananta Toer yang berjudul Bumi Manusia. Berkisah tentang pemikiran revolusioner seorang pemuda tentang strata tatanan sosial yang berlaku saat penjajahan Belanda. Saat itu, hanya pemuda dari kalangan ningrat atau pejabat yang bisa bersekolah HBS (milik Pemerintah Belanda). Rakyat pribumi dianggap kalangan rendah yang layak untuk ditindas.

5. Jenderal Soedirman

Perjuangan Jenderal Soedirman yang dibintangi oleh Adipati Dolken tergambar dengan apik dalam film ini. Soedirman sebagai tentara nacional yang bertujuan melaran penjajah dan mencapai kemerdekaan. Gerilya yang dilakukan secara sembunyi dan berpindah dari satu tempat ke tampat lain membuat musuh kelabakan. Dalam masa sakit dan terluka, Soedirman tetap memperjuangan kemerdekaan Indonesia.

Manfaat Film Perjuangan

Menonton film yang bertema sejarah, memang kurang menarik. Aku misalnya, kurang begitu suka film bertema sejarah dan perjuangan. Ketika film Bumi Manusia tayang perdana di bioskop, justru anak sulungku yang semangat mengajak kami sekeluarga menonton. Alasan utamanya adalah Iqbal Ramadan yang berperan sebagai aktor utama. 

Setelah menonton film bertema perjuangan, ada beberapa pesan moral yang bisa didapatkan, yaitu :

  • Mengenang jasa pahlawan
  • Membangkitkan jiwa nasionalisme
  • Mengetahui perjuangan pahlawan
  • Menghargai tetesan darah pahlawan
  • Lebih mencintai bangsa Indonesia

Sebaiknya film-film bertema perjuangan pahlawan ditayangkan pada saat peringatan hari national seperti Hari Kemerdekaan, Hari Pahlawan, Hari Kartini, dan Sumpah Pemuda. Menumbuhkan jiwa pahlawan seperti berani melawan penjajah, berkorban untuk kepentingan bangsa, bangga akan Tanah Air adalah hal-hal penting yang bisa didapatkan dari film perjuangan. Semoga film-film bertema perjuangan pahlawan diproduksi dengan alur yang menarik sehingga bisa mendatangkan minat generasi muda untuk menontonnya. 

Leave a Reply

Pesona Lomba Kemerdekaan

December 4, 2020