Review

Tempat Asyik Menghadirkan Inspirasi

Inspirasi dibutuhkan setiap orang untuk melakukan hal-hal yang kreatif dan menarik. Penulis membutuhkan inspirasi untuk dapat membuat sebuah karya yang keren dan bisa memotivasi orang lain. Kerja di kantor pun membutuhkan inspirasi agar pekerjaannya tidak stagnan dan dapat mengoptimalkan potensi. Arsitek membutuhkan inspirasi agar menghasilkan desain yang spektakuler dan ergonomis.

Mengenali diri sendiri merupakan salah satu hal penting untuk mendapatkan inspirasi. Terkadang pikiran ‘kosong’, moody, dan merasa nggak ada ide-ide untuk berkreasi. Itu aku banget sih. Moody dan suka hilang inspirasi kalau sudah jenuh atau suntuk.

Tempat Membangkitkan Inspirasi

  1. Alam

Berjalan-jalan di tempat terbuka seperti taman, tempat olah raga, lapangan, hutan, laut, atau pegunungan bisa membuat pikiran tenang. Apalagi jika tempatnya sejuk dan masih alami. Terasa sekali sentuhan alam bisa menyejukkan hati dan pikiran.

Berkunjung ke Taman Bunga Nusantara di Puncak, bisa membuatku merasa lebih sejuk dan bahagia. Melihat berbagai jenis tanaman yang terhampar indah menimbulkan inspirasi tersendiri. Perpaduan warna dan lekuk yang berbeda pada setiap bunga, menginspirasi bahwa di kehidupan ini tidak ada yang sama. Kehadiran setiap bunga akan membawa manfaat yang berbeda. Begitu pula dengan manusia.

2. Kafe

Hobi kuliner dan menikmati latte, membuatku menyukai kafe sebagai tempat untuk mencari inspirasi. Aroma kopi yang diseduh menimbulkan rangsangan ke otak. Menyusup latte sedikit demi sedikit membuat imajinasi menari-nari.

Interior kafe dan pengunjung juga menjadi sumber inspirasi. Tingkah laku dan obrolan pengunjung kafe biasanya menimbulkan inspirasi untuk karakter sebuah cerita. Duduk di kafe, mendengarkan musik dan menikmati suasana membangkitkan ide menulis.

3. Rumah

Rumahku adalah istana dan sumber inspirasiku. Rumah yang nyaman mampu memberikan inspirasi bagi penghuninya. Ada beberapa bagian rumah yang bisa membangkitkan inspirasi yaitu, balkon dan kamar. 

Balkon menjadi salah satu tempat favorit untuk mendapatkan inspirasi. Duduk di balkon yang langsung beratap langit, mengalirkan rasa yang berbeda. Hembusan angin pagi, kicau burung, dan mentari pagi. Kedamaian yang membawa inspirasi menari di pikiran.

Kamar sebagai salah satu tempat untuk mendapatkan inspirasi jika kondisi badan sedang lelah. Berselonjor di kasur sembari mencari inspirasi dari gawai adalah ativistas yang menyenangkan untuk dilakukan kala moody.

4. Toilet

Terdengar kurang elegan, namun tak bisa dipungkiri bahwa toilet adalah salah satu tempat mengalirnya inspirasi.  Kesannya jorok, duduk berlama-lama di toilet. Tak perlu duduk lama di toilet, mandi pun bisa menghadirkan inspirasi. Kesegaran air dan harumnya sabun merupakan perpaduan yang bisa menghadirkan inspirasi.

Waktu kecil, pernah membaca bahwa Eyang Titiek Puspa sering mendapatkan inspirasi menulis lagu ketika sedang di toilet. Beliau akan membawa buku dan pena untuk segera menuliskan inspirasi tersebut.

Inspirasi bisa datang di mana saja dan kapan saja. Terkadang untuk menghadirkan inspirasi, membutuhkan dukungan tempat dan suasana. Tempat-tempat di atas adalah alternatif untuk mendapatkan inspirasi ketika ide tidak muncul dengan sendirinya.  

Leave a Reply

Pesona Lomba Kemerdekaan

December 4, 2020