self reminder

Bahagia itu Kausalitas

Happiness is not something ready made. It comes from your own actions.- Dalai Lama-

Setiap manusia ingin bahagia. Setiap saat. Dalam segala aspek kehidupan seperti keluarga, karir, sekolah, hubungan sosial, prestasi, pernikahan bertujuan untuk mendapatkan kebahagiaan. Segala tindakan yang dilakukan manusia, bertujuan agar merasa bahagia. Quote Dalai Lama bisa diartikan bahwa kebahagiaan itu bukan hal yang sudah siap tersaji, kebahagiaan itu datang sebagai akibat dari perbuatan.

Di suatu masa, aku pernah menyalahkan keadaan yang membuat tidak bahagia. Padahal kalau dikaji lebih jauh, apa yang bisa dilakukan oleh ‘keadaan’? Aku yang harus bergerak dan beraksi, ubah keadaan dan mewujudkan kebahagiaan diri. 

Pikiran Negatif

Prasangka. Dalam keseharian, acapkali seseorang menilai negatif terhadap orang lain tanpa alasan yang jelas. Penilaian negatif terhadap seseorang atau suatu hal, biasanya disebabkan karena stereotype yang akhirnya menimbulkan diskriminasi.

“Dia pencurinya karena dia nggak punya uang.”

“Wah susah kalau punya bos perempuan, suka uring-uringan nggak jelas.”

Itulah beberapa wujud dari prasangka. Menggunjing, mencemooh, pelecehan, dan akhirnya bertindak diskriminasi. Kita tidak belum tahu akan kebenarannya, tapi sudah melekatkan atribut negatif. 

Prasangka itu membuat kita ‘sakit’. Semacam penyakit hati yang mengerogoti hati dari dalam. Kebaikan dan ketulusan menjadi pudar karena prasangka. Hubungan sosial pun bisa menjadi renggang karena prasangka. Curiga terhadap teman, tidak percaya kepada pasangan, atau mencibir akan perbuatan orang lain. 

Prasangka menimbulkan efek yang tidak baik bagi diri. Cemas, iri, dengki, tidak percaya diri dan akhirnya menimbulkan rasa tidak nyaman bagi diri sendiri. Itulah salah satu tanda tidak bahagia. 

Percuma hidup kalau tidak nyaman dengan diri sendiri dan tidak bahagia. Capek. Lelah. Ingat kata Dalai Lama, bahagia itu harus diusahakan dan bahagia itu efek dari perbuatan yang kita lakukan. 

Tips Aktivitas Untuk Bahagia

  1. Memulai Hari dengan Rasa Syukur

Bangun pagi kemudian mengucapkan syukur karena masih diberi kesempatan hidup, menikmati hari dan mengingat kembali akan hal yang membuat bersyukur seperti kesehatan, memiliki anak, dan hal lain. Kesadaran akan nikmat hidup akan mengubah tingkat bahagia.  

2. Tertawa Setiap Hari

Hal yang sering dilupakan adalah tertawa. Membiasakan tertawa setiap hari dapat menambah kadar kebahagiaan karena tertawa melepaskan hormon okstitoksin. Membaca cerita lucu, menonton film humor, atau melihat stand up comedy membantu untuk tertawa.

3. Melakukan Hal yang Disukai

Love what you do and do what you love. Melakukan hal yang disukai akan mencintai hal yang dilakukan akan menimbulkan akibat yang berbeda seperti meningkatkan kadar kebahagiaan, bahkan bisa mendatangkan rezeki berupa uang.

4. Gaya Hidup Sehat

Olahraga, makan sehat, dan tidur yang cukup adalah gaya hidup yang bisa menimbulkan kebahagiaan. Olahraga melatih badan untuk bergerak sesuai dengan fungsinya, menghasilkan hormone yang menunjang kebahagiaan dan mengurangi kadar stress. Tidur yang cukup akan badan merasa lebih segar dan menghilangkan lelah. Makanan yang sehat memberikan sumber energi pada anggota tubuh sehingga bisa berfungsi optimal.

5. Tidak Membandingkan dengan Orang Lain

Fokuskan pikiran pada hal baik yang bisa dilakukan dan hal baik yang terjadi dalam hidup. Membandingkan diri dengan orang lain akan menghilangkan jati diri dan nilai diri sehingga kita akan merasa kurang bahagia.

6. Melakukan Kegiatan Sosial

Berkumpul bersama orang lain, berbagi cerita, melakukan hal yang bermanfaat seperti berbagi ilmu, membuat sadar bahwa masih ada orang yang memiliki masalah lebih rumit dan kurang beruntung dibanding diri sendiri. Membagikan ilmu atau keahlian pada orang lain akan membuat diri lebih bersyukur dan bahagia.

7. Me Time

Sesibuk dan sepadat apapun pekerjaan, luangkan waktu untuk diri sendiri. Me time ini dilakukan sendiri, tanpa teman atau keluarga. Dalam kesendirian dan ketenangan, melakukan hal yang disukai bisa menimbulkan semangat dan harapan baru yang meningkatkan kebahagiaan.

Menyalahkan kondisi, merasa tidak beruntung, berpikiran buruk, dan berusaha mencari kebahagiaan dengan cara yang merusak diri atau lingkungan bukanlah langkah yang tepat untuk mendapatkan kebahagiaan. Bahagia itu seperti hokum kausalitas. Apa yang kita lakukan akan menimbulkan efek yang sama. Melakukan hal dan berpikir positif akan menimbulkan kebahagiaan untuk diri sendiri. 

Comments

October 11, 2020 at 07:30

Setuju dengan tips di atas. Kegiatan menulis juga termsuk bikin kita bahagia. Malah curhatan yang ditulis secara terstruktur dan mengikuti kaidah kepenulisan bisa jadi cerita inspiratif buat yang baca.



    Wida Ariesi
    October 12, 2020 at 18:02

    Manfaatnya doble ya Mbak, menulis Bikin kita bahagia dan bisa jadi sumber inspirasi bagi orang lain. Semangat menulis Mbak 🙂



October 11, 2020 at 09:24

7 tips di atas udah saya coba semua dan beneran ampuh bikin kita lebih bahagia dan menerima keadaan sekarang. Gak perlu pake cara ribet dan mahal buat bikin diri kita bahagia ya 🙂



October 11, 2020 at 22:06

Saat kita berprasangka buruk terhadap orang lain sebaiknya kita berpikir bahwa hidup ini bukan cuma tentang kita, prasangka itupun akan berlalu 🙂
Setuju banget sama poin bersyukur dan tidak membandingkan diri itu adalah kunci bahagia saya juga Mba 🙂
Great Post Mba Wida 🙂



Putri Dwi Lestari
October 12, 2020 at 10:45

setuju mba, orang-orang salah persepsi ttg kebahagiaan sebagai sesuatu yg ‘pasif’ dan lebih menunggu datangnya kebahagiaan. Padahal, kebahagiaan itu sesuatu yg diusahakan secara ‘aktif’



October 12, 2020 at 11:50

Bener banget tips-tipsnyaa mbak, usahakan apapun yang sedang kita alami dan pikiran itu yang positif dan jangan membandingan hidup kita dengan orang lain agar hidup kita penuh dengan rasa syukur. Terima kasih tips-tipsnya mbak 🙂



October 12, 2020 at 15:19

beberapa tips di atas ngena banget mba wida. Bagi sya bahkan tidak hanya melakukan hal yang disukai, tapi malah melakukan hal yang ga disukai tapi itu baik juga perlu dilakukan. Tantangannya lebih berat memang



    Wida Ariesi
    October 12, 2020 at 18:05

    Waaa tantangan luar biasa itu Mbak melakukan hal yang tidak disukai. Semoga dengan melakukan tantangan yang lebih, bisa mencapai bahagia yang luar biasa ya Mbak.



October 12, 2020 at 17:04

Banyak cara untuk bisa menjadi bahagia 🙂 salah satunya adalah membahagiakan orang lain



October 12, 2020 at 20:38

Setuju. Bahagia itu diciptakan sendiri dalam pikiran kita. Terlihat simple tapi rupanya butuh upaya keras. Nah tips di atas akan sangat membantu tapi harus dijalankan dengan penuh kesadaran.



October 13, 2020 at 10:11

tulisannya bagus dan saya setuju banget
Saya pernah mewawancarai pemilik UMKM yang kebetulan saya lihat dari nol hingga sukses besar
Ternyata resepnya 2:
1. jika gagal introspeksi, jangan nyalahin orang lain
2. selalu bersyukur

nasehat yang nampak sederhana, namun susah ngejalaninnya



alif kiky
October 13, 2020 at 12:32

Berpikir positif memang jadi cara ampuh untuk lebih bahagia ya mbak, apapun kondisinya



October 13, 2020 at 13:52

Suka dengan artikel ini mbak.
Nomor 1 itu penting banget, be grateful.
Yang di atas kalau kita integrasikan ke dalam hidup kita, hasilnya pasti bakalan wow.

Saya sendiri masih berusaha membenahi sedikit demi sedikit.
Buat saya sendiri bersyukur dan berolahraga itu bisa membawa perubahan yang signifikan buat kita dalam masalah mengelola stress di kehidupan sehari-hari. Dimana stress adalah salah satu faktor berkurangnya rasa bahagia.



    Wida Ariesi
    October 13, 2020 at 16:48

    Makasih sudah suka dengan artikel ini. perlahan tapi pasti membenahi diri, InsyaaAllah akan berujung bahagia.



October 13, 2020 at 13:54

Saya suka tips bahagianya. Simple dan bisa dilakukan. Jangan membandingkan diri dengan orang lain, melakukan hal yg buat bahagianya, memulai hari dgn bersyukur itu amat bisa dilakukan dan gratis



October 13, 2020 at 23:58

InsyaAlloh aku melakukan semua tips di atas, dan alhamdulillah hidup terasa bahagia dan siap selalu menjalani hari. Terima kasih sharingnya, Mba Wida



October 14, 2020 at 02:32

Kalo mau bahagia mulailah dari diri sendiri ya. Hal2 sederhana seperti tertawa dan beryukur cukup efektif untuk membuat kita bahagia



October 14, 2020 at 23:01

Bahagia itu dengan kita banyak bersyukur ya. Entah kita gagal atapun berhasil, aku selalu bersyukur. Supaya lebih bahagia dan berkah.



Visya Al Biruni
October 15, 2020 at 19:50

Suka deh sama judulnya Mbak. Plus isinya Indeed dalam bahagia itu berlaku hukum kausalitas ya, ada sebab akibat .tapi bisae dibikin sendiri juga 🙂



Leave a Reply