self reminder

Dream Board Blog, Cara Meraih Tujuan NgeBlog

Masa sekolah dulu, aku suka coret-coret bikin cerpen dan puisi. Kalau lagi percaya diri, hasil coretan puisinya aku tempel di mading. Tapi lebih banyak nggak percaya dirinya sih, coretan itu terkumpul rapi di buku tulis. 

Mengenang kembali saat coret-coret puisi, cerpen dan menulis buku harian, muncul keinginan untuk memiliki blog. Tujuannya untuk mengumpulkan tulisan saja dan menambah silaturahim seperti saat punya akun Multiply.

Rajin menulis di Blog? Ya enggak dong. Dua tahun punya blog ya cuma segitu aja tulisannya. Nah, dua bulan lalu ikutan menimba ilmu seputar blog bersama komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB). Terbukalah pikiran untuk lebih memanfaatkan blog yang terbengkalai agar lebih bermanfaat. 

Ilmu Blog yang diberikan oleh Teh Ani Berta, Mas Ardan, dan mb Efa dalam rangkaian sharing tentang Blogging membuka kawasan bahwa menulis blog bukan sekadar ‘nulis aja’. Ada hal-hal lain yang dipelajari seperti cara menulis konten, bagaimana menjadi Blogger yang baik, cara review produk, SEO, dan pentingnya infografis. 

Wawasan Bertambah

Hal-hal baru dalam dunia Blog yang belum pernah aku dapatkan sebelumnya. Dari situ, mulai rajin baca blog lain (blog walking). Ternyata banyak sekali Blogger di Indonesia ya, dan isi blog meraka keren-keren loh. 

Bermula dari membaca blog teman-teman timbullah rasa “iri”. Isi blog mereka menarik. Cara menuliskan, gaya bahasa hingga penyajian konten yang keren. Rasa ‘iri’ itu yang memotivasi aku untuk memperbaiki blog.

Aku mencoba membuat “Dream Board Blog” yang berisi tujuan jangka pendek dan jangka panjang blog. Apa tujuanku membuat dream board? Supaya tetap ingat bahwa ada hal yang ingin aku capai dalam menulis blog dan memotivasi diri agar konsisten dan nggak malas mengisi lembaran blog. Oya, dream board ini aku tempel di dinding kamar sebagai pengingat bahwa aku punya tujuan ngeblog.

Tujuan Jangka Pendek Blog

Tujuan jangka pendek, lebih bersifat individu, seperti : 

  • Memanfaatkan waktu luang. Blog membuat aku memanfaatkan waktu luang dengan lebih  banyak membaca, inquiry, dan menulis. 
  • Menambah teman. Bergabung dengan komunitas Blogger, menambah teman dan silaturahim berguna untuk membangun network dan update berita seputar blog.
  • Me Time. Menulis konten blog sebagai bentuk me time yang bermanfaat dan salah satu bentuk refreshing. Menulis sebagai salah satu cara untuk mengeluarkan perasaan, semacam bentuk healing.
  • Menambah kemampuan. Berusaha untuk terus belajar cara menulis blog yang keren dan bermanfaat.

Tujuan Jangka Panjang Blog

  • Jejak Digital. Menuliskan pengalaman dan sesuatu sehingga kelak bisa memiliki jejak bahwa aku sudah menuliskan sebuah cerita. Semoga dengan teknologi, tulisan yang aku buat tidak akan rusak dan hilang begitu saja. 
  • Menebar Kebaikan. Membagikan hal yang bisa diambil manfaatnya oleh orang yang membaca. Merasa bahwa amalan ilmu yang masih sangat kurang, semoga dengan konten di blog bisa terus menebar kebaikan yang berguna juga untuk amal ibadahku. 
  • Bonus. Rajin menuliskan konten berkualitas tentu akan memberikan keuntungan. Aku berharap bisa mendapatkan bonus dari blog yaitu penghasilan tambahan. Aku harap di waktu depan, aku punya klien untuk review produk, ghost writer, dan menulis konten.

Blog Planning dan Konsisten, itulah tips yang aku dapatkan dari Teh Ani agar tujuan ngeBlog bisa tercapai. Aku sedang berusaha untuk menjalani dua hal tersebut. Semoga dream board blog bisa terwujud. 

Leave a Reply

Tumbuh bersama Gen Z

September 16, 2020