self reminder

Terpaksa Keluar dari Zona Nyaman

Tia, seorang karyawan yang bekerja di sebuah manajemen mal di Jakarta terpaksa mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Perusahaan sudah tidak mampu lagi menanggung beban setelah tiga bulan mal tutup karena pandemi. Bulan pertama pandemı sekitar Maret, gaji yang diterima masih utuh. April  terjadi kebijakan baru yaitu perusahaan memotong 10% gaji sampai dengan Juni. Di bulan Juli ini, Tia harus menelan pil pahit bahwa ia diberhentikan karena pengurangan karyawan. Kondisi new normal dengan dioperasikannya bisnis-bisnis tertentu, memang membuka harapan lagi kepada para karyawan. Tetapi kondisi ini masih dalam tahap awal, butuh proses pemulihan ekonomi yang membutuhkan waktu panjang. Meski mal mulai beroperasi di kondisi new normal tapi nyatanya manajemen tetap mengurangi jumlah karyawan. 

Pemutusan hubungan kerja akan berpengaruh terhadap kondisi psikis dan keuangan keluarga. Merasa diperlakukan tidak adil oleh perusahaan, padahal sudah bekerja bertahun-tahun, berangkat pagi dan pulang tengah malam karena tuntutan pekerjaan. Zona nyaman sebagai karyawan yang bekerja dan digaji setiap bulan mendadak berhenti. Meninggalkan zona nyaman bukanlah hal yang mudah.

Tia misalnya, terpaksa meninggalkan zona nyaman sebagai finance di manajemen mal. Suaminya yang bekerja sebagai guru bimbingan belajar juga mengalami hambatan keuangan. Sedih dan kecewa? Pasti dirasakan dan itu adalah hal yang wajar. Rasanya ingin menangis seharian, marah yang tak berujung, kecewa karena keadaan dan cemas akan nasib selanjutnya. 

Apa yang harus dilakukan jika tiba-tiba terpaksa keluar dari zona nyaman dalam kondisi new normal? Keluarkan emosi-emosi negatif yang ada tanpa tindakan merusak. Tak ada salahnya untuk merasakan sejenak emosi negatif. Cara penyaluran emosi negatif bisa dengan bercerita kepada sahabat, berlari atau olah raga, atau bersujud malam hari kepada Ilahi. Setelah emosi dan energi negatif tersalurkan, mencoba untuk lebih kreatif menghasilkan uang demi kelangsungan hidup. 

Alternatif yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan saat keluar zona nyaman :

1. Hobi olah raga bisa disalurkan dengan lebih mempelajarinya melalui media daring atau ambil sertifikasi untuk menjadi instruktur. Langkah yang paling mudah adalah memperdalam olah raga tersebut dan mengajak teman-teman untuk olah raga bersama sebagai komunitas berbayar. Olah raga bisa dilakukan secara online maupun langsung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Jenis olah raga yang bisa dijadikan alternatif adalah lari, yoga, pilates, zumba, aerobic, HIIT. Bisa juga dengan membuat komunitas sehat langsing, biasanya ibu-ibu suka dengan judul ‘langsing’. 

2. Memasak sudah menjadi keseharian bagi perempuan. Jika memiliki minat memasak, coba untuk mengikuti kursus singkat menu tertentu. Kursus membuat roti, cake, dessert, masakan nusantara atau masakan sehari-hari. Setelah melalui proses tester dengan membagikan sedikit kepada tetangga terdekat atau keluarga, beranikan diri untuk membuat brand home made sendiri. Ikutlah dengan  WhatsApp grup yang berbasis bisnis supaya brand yang dibikin lebih laris dan  terkenal.

3. Arts and Crafts. Jika memiliki minat terhadap seni dan kerajinan tangan, bisa mencoba untuk lebih kreatif memanfaatkan barang-barsang yang ada di rumah. Coba untuk lebih jeli memanfaatkan benda yang ada untuk didaur ulang. Melihat tutorial dari sosial media dan DIY bisa membantu untuk menemukan ide baru.   Membuat pouch sanitzier, hiasan dinding yang menarik, melukis pot atau sepatu bisa menjadi alternatif.

Pouch by ankhahandmade

4. Memiliki hobi menulis bisa lebih diasah dengan rajin mengikuti kelas menulis dan bergabung pada komunitas. Menggali ide-ide menarik, lebih peka terhadap sekitar dan gunakan indera lebih baik. Berlatih menulis setiap hari dan mencoba untuk mengirimkan artikel atau fiksi ke media online, memanfaatkan sosial media untuk menjadi content creator atau aktif menulis blog.

5. Jiwa dagang bisa makin diasah saat keluar dari zona nyaman. Mulai dari yang paling mudah seperti menjadi reseller atau drop shipper. Usaha online shop bisa menjadi alternatif yang menjanjikan. Lebih menjalin silaturahim dengan teman-teman sembari berjualan, tapi jangan terlalu memaksa dan menggunakan kesempatan dalam kesempitan. Hubungan dengan teman juga harus tetap dijaga dengan menjadi pedagang yang jujur dan bisa dipercaya.

6. Kesukaan pada dunia cocok tanam juga bisa dimanfaatkan dengan menanam jenis sayuran, tanaman dalam ruangan dan bunga hias. Sistem tanam hidroponik dan aquaponik bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan hasil panen yang cepat sehingga sayuran bisa dijual.

Kondisi new normal tidaklah mudah dihadapi oleh beberapa perusahaan, bahkan perusahaan besar pun sedang bertahan untuk tetap produktif. Semua lini ekonomi mengalami keterpurukan. Bersabar dan tetap berusaha untuk teman-teman yang terpaksa keluar dari zona nyaman. Satu pintu rezeki yang tertutup, bisa membuka pintu rezeki yang lain. Keyakinan itu yang layaknya ada dalam diri jika terpaksa meninggalkan zona nyaman. Tidak terlalu berlebihan meratapi satu pintu dan membiarkan kesempatan pintu lain yang terbuka. Mencoba untuk lebih membuka hati, pikiran dan mencari peluang pintu rezeki yang lain dengan menciptakan zona nyaman lain. Berdoa, berusaha dan tetap semangat!

Leave a Reply