pernikahan

Pillow Talk Pernikahan

Pernikahan itu tak selamanya bersinar terang,

Mendung dan hujan pun terkadang datang,

Pasangan yang mampu berbagi payung,

Menyanyikan kidung bahagia dalam relung.

Komunikasi nyaman dengan pasangan membuat pernikahan bahagia. Pillow talk bisa Menjadi alternatif untuk menciptakan aura pernikahan yang mengasyikkan.  Aktivitas keseharian yang melelahkan, sibuk dengan urusan kantor dan mudahnya akses sosial media membuat pasangan melupakan hal dasar dalam menjalin sebuah hubungan yaitu komunikasi verbal. 

Berbicara dan mendengarkan adalah sebuah proses agar mengerti dan memahami pikiran dan isi hati pasangan. Saling terbuka berbicara, diikuti dengan rasa yang intim adalah kunci utama dari sebuah hubungan. Begitu pun dengan pernikahan. Pernikahan yang sehat memerlukan perilaku terbuka untuk mengungkapkan rasa, pikiran dan keinginan diantara pasangan. 

Apa itu Pillow Talk?

Beberapa pasangan kehilangan momen romantis dalam pernikahannya karena tidak dapat menemukan waktu yang tepat untuk berbicara. Setelah penat dan lelah dengan aktivitas seharian, tidur menjadi pilihan. Salah satu pilihan waktu berbicara  dengan pasangan bisa dilakukan sebelum tidur.  Obrolan santai di atas kasur atau yang sering disebut Pillow Talk bisa menjadi salah satu alternatif agar pernikahan tetap romantis dan sehat.

Mengapa Pillow Talk? 

Tempat tidur menjadi simbol dan tempat pasangan berbagi momen yang paling intim, sehingga terjalin rasa aman dan nyaman. Seharian beraktivitas membuat pasangan suami istri menginginkan suasana yang nyaman di tempat tidur.

Pillow talk adalah obrolan santai bersama pasangan, berbicara  dan mendengarkan tanpa disertai argumen dan rasa emosi. Dalam melakukan pillow talk, pasangan bisa berbaring sembari berpelukan, pegangan tangan, memeluk dari belakang, mengelus punggung /rambut atau menyilangkan kaki tanpa harus disertai aktivitas seksual. Pillow talk menjadi salah satu cara efektif untuk menjalin koneksi batin dengan menunjukkan kepedulian, penyatuan rasa dan membuat energi rasa cinta tetap mengalir diantara pasangan. 

Dr. Janet Fleishman, Phd mengatakan bahwa pillow talk tidak selalu seksual tetapi lebih kepada kedekatan secara emosi. Percakapan intim yang muncul ketika berbaring bersama atau berpelukan membuat hubungan sensual dengan pasangan menjadi lebih menyenangkan dan fresh.

Image from google
Pillow Talk Romantis

Topik Pillow Talk 

Diawali dengan topik ringan seperti hal baik yang terjadi, kisah lucu yang dilakukan anak, hal yang mengingatkan pada pasangan, model baju yang bagus, impian yang belum terwujud. Sebaiknya hindari topik tentang penderitaan, sedih, kritikan dan pertengkaran.

Manfaat pillow talk

  • Hidup lebih positif. Seharian yang melelahkan dengan berbagai hal yang terjadi membutuhkan penyaluran positif. Berbagi akan hal baik dan fokus pada kesempatan lebih positif akan membuat pasangan mengakhiri hari melelahkan menjadi menyenangkan.
  • Membuat pasangan saling menghargai. Pillow talk adalah cara mengakhiri hari untuk tetap terhubung secara rasa dan pikiran dengan pasangan. Meski hanya beberapa menit,  pillow talk memberikan efek yang berbeda bagi pernikahan karena merupakan kesempatan untuk berbagi perasaan, berbagi rasa, memperlihatkan kepedulian dan rasa syukur memiliki pasangan hidup.
  • Kualitas tidur lebih baik. Beberapa orang mengalami susah tidur karena sistem kerja otaknya belum berhenti memikirkan sesuatu. Yang harus dilakukan adalah mengeluarkan isi hati dan pikiran. Pillow talk membantu untuk mengeluarkan isi hati, membantu otak beristirahat, badan beristirahat dan tidur lebih baik. 
  • Mengurangi kecemasan. Adanya rasa koneksi terhadap pasangan membuat berpikir lebih positif dan secara emosi lebih baik sehingga tingkat kecemasan menurun. Pillow talk yang dilakukan setelah aktivitas seksual dengan pasangan membuat lebih menikmati perasaan lebih memiliki dan rasa aman.
  • Hubungan intim lebih bermakna. Distraksi di kamar tidur seperti gawai, media sosial, TV bisa diminimalkan dengan pillow talk. Semakin bertambah kuantitas pillow talk membuat hubungan dan cinta semakin kuat karena merasa lebih di dengar dan menumbuhkan rasa lebih percaya.
  • Merekatkan ikatan rasa dengan pasangan karena melepas stres, melepaskan rasa tidak nyaman, dan membuat hubungan intim pasangan ke level baru. 

Obrolan ringan, santai dan nyaman dibutuhkan oleh setiap individu terutama pasangan suami istri. Bahkan dengan topik obrolan sederhana akan membantu pasangan merasakan manfaat yang berbeda. Buat pasangan baru maupun yang sudah berpuluh tahun menikah bisa mencoba melakukan obrolan santai ala pillow talk dan rasakan perbedaannya.

Comments

November 13, 2019 at 18:46

Saya jarang melakukan pillow talk, soalnya seringnya ketiduran duluan karena ngelonin anak-anak hahaha. Tapi biasanya diganti dengan ngobrol santai di meja makan.



Wiwin | pratiwanggini.net
November 15, 2019 at 17:19

Cara sederhana namun dampak dan manfaatnya ternyata luar biasa ya.. insyaallah rumah tangga makin kokoh kuat.



November 20, 2019 at 15:20

Iya bener banget, kadang pillow talk gini harus diagendakan ya, Mbak. Komunikasi tanpa emosi endingnya nyees sebelum tidur😘



July 24, 2020 at 06:27

pillow talk yang kadang terlewat hehe terimakasih sharingnya



August 14, 2020 at 14:13

Yah kalau kedua pasangan seharian sibuk dengan pekerjaan masing-masing, waktu terbaik dalam berbagi rasa di pillow talk yah. Ketika badan sudah merasa nyaman, komunikasi juga biasanya lancar



joko yugiyanto
August 14, 2020 at 14:48

bnyk banget ya manfaatnya dan kita atau tepatnya jarang memanfaatkan momen ini, maklum kalau dah masuk kamar ngantuk dan capek tau2 pagi lagi



    Wida Ariesi
    August 17, 2020 at 19:57

    Lelah kerja jadi Kalau liat kasur langsung pengen merem. Semoga sebelum merem, pasangan bisa memanfaatkan pillow talk.



August 15, 2020 at 04:36

Komunikasi emang kunci keberhasilan pernikahan ya?
Salah satunya dengan menggunakan tools pillow talk



Rui Akaruicha
August 16, 2020 at 20:23

Komunikasi yang baik dan terjaga memang menjadi kunci keberhasilan dalam sebuah pernikahan.

Selain pillow talk, bisa juga dengan couple time. Sekadar menonton film bersama di rumah, misalnya.



evisrirezeki
August 18, 2020 at 23:07

Saya suka pillow talk juga, Mbak walaupun nggak tiap hari. Yang penting dalam seminggu ada momen seperti ini 🙂



Leave a Reply

Pelangi Kampung Jodipan

March 16, 2019

Romantisme Bromo

June 17, 2020