Travelling

Jakarta Aquarium, Urban Edu-Vacation

Libur akhir tahun ini memutuskan untuk menikmati liburan di rumah dan sekitarnya, maklum lagi minim budget buat piknik. Akhirnya kita memutuskan untuk lebih mengenal obyek wisata edukasi yang ada di Jakarta. Setelah minggu lalu gagal total masuk Planetarium karena antrian tiket yang memabukkan, di akhir pekan ini kami memutuskan ke Jakarta Aquarium. Konon kabarnya Jakarta Aquarium ini lebih menarik daripada Seaworld Ancol (padahal udah lama juga nggak ke Seaworld).

Jakarta Aquarium ini terletak di Neo Soho Mall, di lantai LGM dan LG. Di pintu masuk, terdapat booth informasi yang cukup jelas dalam memberikan informasi tentang tiket masuk dan fasilitas di dalam aquarium.  Antrian tiket sudah dibagi jalurnya untuk pembelian online, regular dan premium. Tiket premium dilengkapi dengan fasilitas 5D dan bisa memakai tiket hingga empat jam. Sebaiknya sebelum berkunjung cek ricek promo tiket masuk aquarium karena ada promo-promo menarik yang ditawarkan. Kebetulan banget pas bulan Desember, nggak ada promo harga tiket… rejeki banget yah 🙁

600 jenis satwa darat dan laut dari Asia Pasifik memeriahkan Jakarta Aquarium seperti Otter atau Linsang, Ikan Pari, Kura-kura, Iguana, Shark Ray, Hermit Crab, Ikan Kipas, Clown Fish dll.  Setiap lokasi aquarium dilengkapi dengan layar touch screen tentang satwa yang hidup di dalamnya. Bahkan ada penjelasan tentang jenis coral di aquarium tertentu. Nah, hal yang paling bikin Anak lelakiku girang yaitu ketika melihat pemberian makan di Aquarium besar yang berisi berbagai jenis ikan. Ikan-ikan bergerak dan bergerombol mengikuti petugas yang memberikan makan.

Ketika kami berkunjung, ada beberapa aktivitas menarik bisa dilakukan disini seperti :

  1. Memegang biota di zona touch pool. Zona ini termasuk yang digemari pengunjung karena sensasi menyentuh biota laut seperti Tentakel, Bintang laut dan ikan yang tentu saja aman untuk dipegang. Syaratnya pengunjung harus mencuci tangan terlebih dahulu di wastafel.   
  2. Face painting aneka bentuk satwa seperti kupu-kupu, starfish, jellyfish, stingray, lion.
  3. Sensasi ala Kapal selam di 5D theater. Dengan membeli tiket premium, kami bisa merasakan petualangan laut yang berisikan cerita disertai suara dan sensasi goncangan seperti sedang naik kapal selam plus percikan ala-ala air laut.
  4. Pertunjukan Pearl of the South Sea. Drama tentang kehidupan di bawah laut yang bisa dinikmati pengunjung sebelum pintu keluar.

Pengalaman ke Jakarta Aquarium ini cukup menyenangkan. Buktinya, anak lanang minta masuk ke aquarium lagi karena waktu empat jam tiketnya belum habis *ogah rugi banget. Selain aquarium, tempat ini juga dilengkapi dengan restaurant Pingo dan toko cinderamata. Oh iya, kita dilarang membawa makanan dan minuman ketika memasuki Aquarium. Tapi jangan khawatir karena disediakan loker untuk menyimpan barang bawaan (makanan/minuman) dengan tarif sepuluh ribu rupiah. Di dalam area aquarium pun disediakan cafe untuk pengunjung bila merasa haus atau lapar.

Pemilihan tempat Jakarta Aquarium di dalam mall ini bisa menjadi alternatif menarik yang saling menguntungkan yaitu mengunjungi aquarium dan jalan-jalan di mall. Hal ini mengingatkan kami akan Dubai Aquarium yang terletak di dalam the Dubai Mall.  Hal menarik yang dilakukan Dubai Aquarium adalah para pengunjung mall  bisa melihat Aquarium besar meskipun tidak memasuki area aquarium.  So far, Jakarta Aquarium termasuk nyaman dikunjungi, bisa menyajikan hiburan dan edukasi yang menarik dan bisa dijadikan alternatif wisata urban.

 

 

Jam operasional Jakarta Aquarium Neo Soho Mall mulai dibuka pukul 10:00 – 20:00 Wib. Sedangkan loket pembelian tiket ditutup pada pukul 19:30.

Leave a Reply

Cerita Pengalaman Ibu Dettol

December 23, 2017